Bawaslu Bersama BNNK Sergai Ikuti Vidcon MoU Bebas Penyalahgunaan Narkoba

Bawaslu Bersama BNNK Sergai Ikuti Vidcon MoU Bebas Penyalahgunaan Narkoba

SERGAI (Sumut) Genomemap.info | Kepala BNNK Serdang Bedagai, Drs. Adlin M Tambunan,MH dan Ketua Bawaslu Kabupaten Serdang Bedagai mengikuti kegiatan Video Conference (Vidcon) Penandatangan Nota Kesepahaman antara BNN dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum, Selasa, (27/7/2020) pukul 10:00 Wib hingga selesai.

Kegiatan tersebut masing-masing didampingi Kasubbag Umum dan Kasie P2M Beserta dan empat Komisioner Bawaslu Kabupaten Serdang Bedagai.

Kegiatan diawali dengan paparan Ketua Bawaslu RI, Abhan tentang Penandatangan Nota Kesepahaman antara BNN RI dan Bawaslu RI menyadari sangat pentingnya bersama-sama upaya dalam rangka P4GN.

Pemerintah sudah sangat serius dalam upaya P4GN bentuk nyata dan keseriusannya ini adalah lahirnya Rencana Aksi Nasional Penguatan P4GN. Fungsi dan Tugas Pencegahan Bawaslu adalah salah satu bagian kerja dari Bawaslu yang artinya pencegahan jangan sampai terjadi kecurangan dalam Pemilu.

Bawaslu dan BNN perlu deteksi dini terhadap P4GN akan bersama-sama dalam peningkatan SDM, pertukaran data dan informasi terkait P4GN.

Pilkada Daerah Serentak Tahun 2020, sebanyak 270 daerah, yakni, 9 Pemilihan Gubernur dan 261 Pemilihan Bupati/ Walikota. Jajaran yang ada di Bawaslu sampai tingkat pengawasan TPS adalah insan insan yang bebas dari narkoba.

Sementara, Ka. BNN RI, Komjen Pol. Drs Heru Winarko, SH mengajak KPU dan Bawaslu terhadap Calon Kepala Daerah yang sudah terseleksi administrasinya akan melakukan pertemuan Zoom dengan Ketua KPU, Bawaslu, BNN, KPK dan BNPT.

Heru Winarko meminta kepada KPU RI dalam debat kandidat para Calon Kepala Daerah supaya memberikan 3 pertanyaan yaitu, 1. Apa Itu Narkoba ?, 2. Situasi/Daerah Rawan Narkoba di Wilayanya?, 3. Kebijakan yang harus dibuat dalam P4GN?, 3 pertanyaan ini harus dijelaskan oleh para Calon Kepala Derah.

Diakhir kegiatan, Kepala BNNK Serdang Bedagai dan Ketua Bawaslu Kab Serdang Bedagai setuju bersama-sama menindaklanjuti paparan masing masing Kepala BNN dan Ketua Bawaslu RI, dengan mengonsep dan menerbitkan surat perjanjian kerjasama untuk kedua satuan kerja. (AfGans).