Canalys: Q2-2020 Huawei Ambil Alih Tahta Samsung

Canalys: Q2-2020 Huawei Ambil Alih Tahta Samsung

Jakarta, Genomemap.info – Di tengah pandemi dan perjuangannya melawan Amerika Serikat, Huawei berhasil memuncaki pasar smartphone Q2 2020. Menurut Canalys, Huawei mengirim 55,8 juta ponsel sementara jawara kuartal lalu, Samsung mengirimkan 53,7 juta ponsel.

Huawei berhasil memperluas dominasinya di pasar China yang sudah pulih dan sekarang menyumbang lebih dari 70% dari semua perangkat yang dikirim ke daratan Cina. Sementara itu, pasar utama Samsung terganggu oleh pandemi dan penjualannya turun 30% dibandingkan kuartal sama tahun lalu.

Ben Stanton, Analis Senior di Canalys, mengatakan, “jika itu bukan untuk COVID-19, hasil yang luar biasa ini tidak akan terjadi”. Samsung memiliki kurang dari 1% pangsa pasar di Cina di mana penjualannya meningkat, sementara wabah merusak pasar inti Samsung seperti Brasil, India, AS, dan Eropa.

Ini jelas merupakan keadaan yang unik dan sulit bagi Huawei untuk mempertahankan keunggulannya dalam jangka panjang karena pasar internasional mulai pulih.

Canalys percaya pabrikan Cina lainnya bisa menggunakan situasi ini untuk keuntungan mereka dan memperluas kehadirannya di pasar internasional. Itu juga akan membantu mereka menebus alasan mereka kalah dari Huawei di Cina.

Melihat hasil riset ini, Huawei mengeluarkan pernyataan resmi:

“Bisnis kami telah menunjukkan ketahanan luar biasa di masa-masa sulit ini. Di tengah periode perlambatan ekonomi global yang belum pernah terjadi sebelumnya dan tantangan, kami terus tumbuh dan memajukan posisi kepemimpinan kami dengan menyediakan produk dan pengalaman inovatif kepada konsumen.

Saat kami melihat ke masa depan, di mana 5G, AI dan IoT akan tumbuh semakin di mana-mana, fokus kami akan tetap pada pelaksanaan Strategi Seamless AI Life Strategy Semua-skenario kami. Teknologi kami – mulai dari smartphone, tablet hingga PC dan perangkat yang dapat dikenakan – didasarkan pada komitmen kami kepada konsumen dan memenuhi kebutuhan mereka.”