Dampak Covid-19, Hotel Kenanga Inn Cabang Batam Terpaksa Gulung Tikar

Dampak Covid-19, Hotel Kenanga Inn Cabang Batam Terpaksa Gulung Tikar

BATAM Genomemap.info | Setelah 18 tahun lamanya beroperasi yakni tepatnya sejak 1 April 2002, Hotel Kenanga Inn Cabang Kota Batam yang berlokasi di Komplek Puri Regency, Jalan Duyung Nomor B/5, Sungai Jodoh, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau yang pusat utamanya berada di Jalan Sisisngamangaraja Medan telah memutuskan untuk menutup tempat usahanya alias gulung tikar.

Adapun alasan terpaksa menutup hotel kelas Melati yang sempat jaya di masanya ini, tak lain dan tak bukan disebabkan karena sepinya pengunjung yang datang menginap di hotel tersebut.

Penanggung Jawab yang dipercayakan pemiliknya dari Medan Hotel Kenanga Inn Batam, Ilham Simatupang mengatakan sejak merebaknya wabah virus Corona (Covid-19) di Indonesia yakni sejak bulan Maret yang lalu, ditambah lagi dengan diberlakukannya social distanching oleh pemerintah mengakibatkan pengunjung enggan untuk menginap di hotel dikarenakan takut terjangkit virus yang telah merenggut jutaan nyawa manusia diseluruh dunia.

“Sejak wabah virus corona merebak di Indonesia, tamu-tamu yang biasanya ramai menginap di Hotel itu, sekarang tak ada lagi sepi bisa dihitung dengan jari setiap harinya. Penurunannya sangat drastis hingga mendekati angka 90 persen,” ungkap Ilham kepada awak media saat itu.

Sementara lanjutnya, biaya operasional hotel yang jumlahnya tidak sedikit seperti listrik, air dan gaji karyawan harus tetap dikeluarkan setiap bulannya.

“Supaya tidak menambah besarnya beban biaya pengeluaran, pemilik hotel terpaksa mengambil langkah pahit untuk menutupnya,” imbuh Ilham pasrah.

Disisi lain tutupnya hotel tersebut para karyawan/ti minta pimpinan pemilik hotel agar segara memberi pesangon gaji karyawan sesuai aturan Disnaker jika perusahaan ditutup terkecuali mengundurkan diri dari kerja pihak perusahaan tidak memberi pesangon.” Ucap salah satu karyawan yang cukup lama bekerja di Hotel tersebut. (Indralis)