Janjikan Pengalaman Gaming Lebih Baik, Intip Teknologi RAMDISK Milik Xiaomi

Xiaomi mi 10

Jakarta, Genomemap info Pengalaman gaming sebuah smartphone biasanya sangat bergantung pada prosesor inti yang dibawa. Namun, kapasitas memori juga menjadi salah satu faktor yang tak kalah penting. Selain berfungsi sebagai penyimpanan, RAM juga berpengaruh pada kecepatan load gaming itu sendiri.

Tak ayal, pengguna dengan smartphone yang membawa RAM minim sering kali mengalami masalah di tengah permainan. Untuk mengatasi masalah RAM tersebut, Xiaomi telah menghadirkan sebuah teknologi bernama RAMDISK.

Ini bukanlah ide baru, melainkan telah digunakan untuk PC. Namun idenya baru hadir untuk perangkat seluler dan belum pernah digunakan sebelumnya. RAMDISK, seperti namanya, menggunakan RAM sebagai penyimpanan disk.

Baca juga: Xiaomi Mi Watch Lite Siap Hadir dengan Harga Murah

Dengan menggunakan RAM sebagai penyimpanan disk, pengguna diklaim akan mendapatkan kinerja yang jauh lebih cepat di aplikasi atau game favoritnya. Namun, karena teknologinya baru, RAMDISK masih tersedia dalam mode uji coba. Jika Kalian memiliki Mi 10 Ultra, Kalian dapat menggunakan teknologi ini, berkat RAM LPDDR5 16GB-nya.

Jika Kalian memiliki Mi 10 Ultra, hanya perlu menuju Game Center untuk menginstal RAMDISK. Saat ini, fitur baru itu masih terbatas. Hanya ada 10 game populer terrmasuk QQ Speed, Glory of the King, dan Peace Elite yang sudah mendukung teknologi baru ini, seperti dikutip dari Gizmochina, Rabu (7/10).

Sebagai tambahan, game yang sangat populer Peace Elite hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk terinstall di perangkat, berkat hadirnya teknologi RAMDISK yang diklaim mampu mempercepat hingga 100 persen dari biasanya.