Mengulik Perbedaan Infinix Hot 10 dan Hot 10 Play

Mengulik Perbedaan Infinix Hot 10 dan Hot 10 Play

Setelah kehadiran Infinix Hot 10 pada Oktober 2020, vendor ponsel pintar asal Hongkong alias Infinix kembali merilis ponsel di seri yang sama dengan penambahan gelar “Play” di belakangnya yakni Infinix Hot 10 Play. Kedua ponsel garapan Infinix ini termasuk ponsel kelas entri, yang harganya ramah di dompet.

Baik Infinix Hot 10 maupun Infinix Hot 10 Play memiliki kesamaan dalam hal tipe layar yaitu dibalutkan oleh IPS LCD, teknologi layar untuk tampilan kristal cair yang dapat menyuguhkan warna lebih akurat. Tidak hanya itu, kedua ponsel ini juga mempunyai resolusi kamera depan yang sepakat di ukuran 8 MP.

Sementara, perbedaan dari kedua ponsel ini bisa terlihat salah satunya pada fitur sensor. Bila kamu memilih Infinix Hot 10 akan menawarkan fitur sensor mulai dari sidik jari, accelerometer, gryo, proximity, dan compass. Sementara, pada Infinix Hot 10 Play tidak menawarkanmu fitur sensor gryo.

Lantas, adakah perbedaan lain antara Infinix Hot 10 dengan Infinix Hot 10 Play? Carisinyal telah menyusun beberapa poin perbedaan dari kedua ponsel pintar garapan Infinix ini yang bisa kamu simak di bawah ini.

Spesifikasi Infinix Hot 10

  • Rilis: Oktober 2020
  • Layar: IPS LCD 6,78 inci
  • Chipset: Mediatek Helio G70
  • GPU: Mali-G52 2EEMC2
  • RAM: 3/4 GB
  • Memori Internal: 64/128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 16 MP + 2 MP + 2 MP + VGA
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5200 mAh, tidak dapat dilepas

Spesifikasi lengkapnya…

Spesifikasi Infinix Hot 10 Play

Infinix-Hot-10 Play
  • Rilis: Januari, 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,82 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G25
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 6000 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi lengkapnya…

Perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10 Play

Seperti yang kita tahu meski kedua ponsel ini sekilas memiliki tampilan sangat mirip, rupanya baik Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10 Play memiliki berbagai perbedaan. Mulai dari aspek kamera, baterai, layar, dan spesifikasi lainnya. Berikut ini pembahasan mengenai perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10 Play yang telah Carisinyal rangkum:

1. Dimensi Bodi yang Hampir Sama

Infinix Hot 10

Meski masuk ke perkumpulan ponsel entri level, tetapi tidak membuat spesifikasi dari kedua ponsel ini di bawah rata-rata terutama soal bodi. Tampilan bodi dari kedua ponsel ini tampak mengikuti perkembangan zaman dengan balutan kaca untuk bagian depan dan plastik untuk area belakang serta bingkainya.

Dalam hal dimensi kedua ponsel ini mempunyai perbedaan hampir sama, tidak lain berbeda tipis. Badan Infinix Hot 10 memiliki ukuran 171.1 x 77.6 x 8.9 mm, lebih kecil dibanding dengan Infinix Hot 10 Play. Sedangkan, pesaingnya berada pada ukuran 171.8 x 78 x 8.9 mm. Jadi, apabila dilihat dari kejauhan mungkin keduanya terlihat sepantaran.

Soal bobot sepertinya Infinix Hot 10 Play mengalami peningkatan berat badan yaitu 204 gram. Berbeda dengan Infinix Hot 10 yang lebih ringan bilang digenggam karena memiliki bobot 195 gram. Terlihat adanya kesenjangan sekitar 9 gram pada aspek berat badan dari kedua ponsel Infinix ini.

2. Ketajaman Piksel dan Ukuran Layar Saling Menyusul

Infinix-Hot-10-Play layar bodi

Tersohor dengan ukuran layar yang besar, bukan berarti semua perangkat yang tergabung di seri Infinix Hot mempunyai ukuran layar yang sama. Ini bisa dibuktikan dengan ukuran layar yang dimiliki oleh Infinix Hot 10 yaitu 6, 78 inci dengan layar-ke-bodi ~82,2 %.

Semantara, Infinix Hot 10 Play berukuran 6,82 inci dan layar-ke-bodi ~82,4%. Bisa dikatakan kalau Infinix Hot 10 Play mempunyai ukuran yang lebih luas disandingkan dengan layar milik Infinix Hot 10.

Kedua ponsel yang sama-sama menawarkan panel IPS LCD pada resolusi HD Plus ini mempunyai resolusi layar yang sama yakni 720 x 1640 piksel. Akan tetapi, rupanya soal ketajaman piksel Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10 Play mengalami perbedaan yang sangat tipis. Infinix Hot 10 Play mengalami penurunan kerapatan piksel ~263 ppi, sedangkan Infinix Hot 10 dengan ~264 piksel membuat gambar yang dihasilkan layar sedikit lebih tajam.

3. Divergensi Hardware yang Kuat

Android-10

Pada aspek hardware mungkin akan sedikit kompleks mengingat kedua ponsel ini mempunyai perbedaan dari sistem operasi, prosesor, dan unit pemrosesan grafisnya. Di awali dengan sistem operasi, Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10 Play dijalankan oleh sistem operasi berbasis Android 10.

Hanya saja pada Infinix Hot 10 ada buntut “Go Edition”, diperuntukkan untuk ponsel dengan spesifikasi rendah seperti kapasitas RAM terbatas tetapi bisa menjalankan OS Android paling terbaru, yaitu Android 10.

Kedua ponsel ini juga didukung dengan launcher XOS tetapi beda versi, Infinix Hot 10 Play telah melaju satu tingkat dengan menerapkan launcher XOS 7 daripada Infinix Hot 10 yang masih XOS 6.0. Dengan XOS 7 akan menciptakan Launcher, Theme, dan Wallpaper pada Infinix Hot 10 lebih mudah digunakan dan intuitif.

Ditanamkan dengan chipset gaming tidak lantas membuat kedua ponsel dari Infinix ini memiliki performa yang sama. Sebab Infinix Hot 10 diusung oleh MediaTek Helio G70, sedangkan Infinix Hot 10 Play menggandeng MediaTek Helio G25.

Melihat penggunaan chipset dari kedua ponsel ini, bisa dibilang kalau MediaTek Helio G70 memiliki beberapa keunggulan dibanding Helio G25 seperti kecepatan RAM menjadi lebih tinggi, memompa kinerja CPU menjadi lebih cepat, dan ukuran memori yang lebih besar.

Berikutnya pada aspek GPU seperti yang dikatakan sebelumnya dua model seri Hot 10 Infinix ini memiliki perbedaan. Infinix Hot 10 membawa unit pemprosesan grafis bertipekan Mali-G52 2EEMC2, sementara Infinix Hot 10 Play dirancang oleh GPU Mali-G52 MC2. Tampaknya Infinix Hot 10 akan menyuguhkan tampilan grafis yang selangkah lebih baik daripada Infinix Hot 10 Play.

4. Keberadaan Dua Lensa di Kamera Belakang

Infinix Hot 10

Di awal pembuka telah disebutkan kalau kedua ponsel Infinix ini mempunyai ukuran lensa depan yang setara yaitu 8 MP, dilengkapi dengan kualitas gambar Full HD berjumlah 1080 piksel dan jumlah frame setiap detiknya 30fps.

Namun, suasana berbeda dapat dirasakan oleh pengguna kedua ponsel ini dalam aspek kamera utama, baik Infinix Hot 10 maupun Infinix Hot 10 Play mempunyai gap pada kamera belakang.

Kamera belakang Infinix Hot 10 telah disematkan empat lensa di antaranya lensa wide berukuran 16 MP, lensa makro dan kedalaman yang beresolusi 2 MP dan lensa sensor cahaya rendah dengan QVGA.

Sementara, Infinix Hot 10 Play harus menelan iri karena hanya memiliki dua lensa saja pada kamera belakangnya yakni lensa wide dengan resolusi 13 MP dan lensa AI. Dalam urusan kamera belakang, dapat dipastikan Infinix Hot 10 akan menghasilkan gambar yang lebih bagus dan jernih.

5. Selisih Daya Baterai Cukup Jauh

Baterai Infinix

Tidak heran kalau Infinix digadang sebagai ponsel pintar terbaik dalam urusan gaming, pasalnya Infinix didukung dengan kapasitas baterai yang tidak main-main membuat penggunanya dapat berlama-lama menggunakan ponsel merek ini. Seperti halnya kapasitas baterai yang dimiliki oleh Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10 Play yang berukuran besar.

Meski sama-sama ditanamkan kapasitas baterai yang besar, kedua ponsel ini mempunyai jumlah daya yang berbeda dan terpaut cukup jauh. Bila pada Infinix Hot 10 pengguna akan mendapatkan daya baterai sebesar Li-Po 5200 mAh, maka Infinix menyuguhkan penggunanya dengan ukuran Li-Po 6000 mAh yang diklaim dapat bertahan selama 2 hari dalam pemakaian normal untuk sekali pengisian penuh.

6. Storage, Warna, dan Harga

RAM ROM

Dari beberapa poin perbedaan di atas, ternyata kedua perangkat dari Infinix ini masih mempunyai distingsi minor dalam segi ruang penyimpanan internal, RAM, warna, dan harga. Di mulai dari ruang penyimpanan internal dan RAM, kalau Infinix Hot 10 menawarkan banyak pilihan dengan ukuran memori internal dan RAM yang besar di mulai dari 64/3 GB, 64/4 GB, 128/4 GB, dan 128/6 GB.

Sementara, ruang penyimpanan internal dan RAM pada Infinix Hot 10 Play hanya memiliki dua jenis saja dan menyuguhkan ukuran yang lebih kecil yaitu 32/2 GB dan 64/4 GB. Bagaimana pun apabila memori internal tidak cukup, kedua ponsel ini menyediakan slot kartu untuk microSDXC.

Dari segi warna kedua ponsel pintar ini kompakan menawarkan empat variasi warna. Tentunya baik Infinix Hot 10 atau Infinix Hot 10 Play membawa warna yang berbeda, kecuali sama-sama mempunyai warna Obsidian Black.

Selebihnya, Infinix Hot 10 hadir dengan Amber Red, Moonlight Jade, dan Ocean Wave, sedangkan Infinix Hot 10 Play muncul ke publik dengan warna Aegean Blue, Morandi Greendan Purple.

Selanjutnya yang ditunggu-tunggu ialah perbedaan dari segi harga, pada aspek ini perlu dijelaskan umumnya murah atau mahalnya sebuah produk tergantung dengan besaran memori internal dan RAM-nya. Jadi, apabila ruang penyimpanan dan RAM-nya kecil besar kemungkinan lebih murah harganya.

Namun, tidak perlu khawatir kedua ponsel Infinix ini berada di harga kurang dari Rp2 jutaan. Kamu bisa membungkus Infinix Hot 10 mulai dari Rp1,6 hingga 1,8 jutaan, sementara bila kamu ingin membeli Infinix Hot 10 Play siapkan bujet sekitar Rp1 – 1,7 jutaan.

Simpulan

Sekarang Carisinyal akan mengajak kamu ke titik simpulan mengenai perbedaan antara Infinix Hot 10 dengan infinix Hot 10 Play. Di mulai dari Infinix Hot 10 yang memiliki bobot yang lebih ringan, ketajaman pikselnya lebih baik, dan sistem operasi Android 10 yang menawarkan banyak fitur baru.

Tidak hanya itu, keunggulan lain Infinix Hot 10 yaitu kemampuan chipset-nya dapat bekerja cepat, GPU yang menghasilkan tampilan tajam, resolusi kamera belakang yang besar, dan menawarkan ragam RAM serta memori internal sesuai bujet ataupun kebutuhan.

Sedangkan, Infinix Hot 10 Play juara dalam dimensi bodi dan layar yang sedikit lebih luas, didukung dengan launcher XOS yang memiliki antarmuka sederhana, kapasitas baterai yang lebih jauh lebih besar sehingga dapat bertahan lama, dan tentunya menawarkan harga yang lebih murah.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan dari Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10 Play. Semoga artikel ini bermanfaat, terkhusus bagi kamu yang masih bingung membedakan spesifikasi dari kedua ponsel pintar ini. Nah, menurutmu mana yang lebih oke? Coba komen di kolom komentar! Ingin mengetahui informasi teranyar seputar dunia ponsel pintar lainnya? Terus ikuti Carisinyal, yah!