Pengembangan Sirkuit Mandalika Tunjukkan Progres Positif

Pengembangan Sirkuit Mandalika Tunjukkan Progres Positif

Berita MotoGP: Calon tuan rumah MotoGP Indonesia 2021 yakni Sirkuit Mandalika bakal siap diuji coba pada awal tahun depan.

Meskipun pembangunan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini terganggu oleh pandemi virus corona (Covid-19), namun tetap menunjukkan progres yang positif.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal, mengungkapkan bahwa perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika sudah mencapai 50 persen dan bakal masuk dalam tahap pengaspalan pada Agustus mendatang.

Sirkuit dengan panjang lintasan 4,31 kilometer dan 17 tikungan tersebut diharapkan bisa diuji coba pada April tahun depan. Ia juga menegaskan bahwa pembanganunan sirkuit tidak akan tertunda karena covid-19.

“Insyaallah, uji coba lintasan sudah bisa dilakukan April 2021,” tutur Faozal seperti dilansir dari Antaranews.com.

“Saya rasa tidak ada penundaan pembangunan sirkuit, apalagi penyelenggaraan MotoGP sudah terikat antara penyelenggara MotoGP dengan pemerintah. Jadi tanda tangan ini bukan lagi dengan NTB tapi sudah negara melalui presiden,” tandasnya.

Sirkuit Mandalika sebenarnya direncanakan masuk dalam jadwal tes pramusim MotoGP 2021. Namun akibat terhentinya proses pembangunan pada Maret hingga April lalu membuat jadwal uji kelayakan juga ikut tertunda.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) juga telah meneken kontrak dengan Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP untuk balapan di Sirkuit Mandalika pada 2021.

Dilansir dari Speedweek pada Desember lalu, MotoGP Indonesia diperkirakan bakal berlangsung sekitar bulan Oktober. MotoGP Indonesia diprediksi bakal mengisi jadwal balapan pada bulan Oktober, menggantikan GP Australia dan Thailand yang berpeluang dimajukan ke awal musim.

Selain menjadi tuan rumah balapan MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menggelar balapan dari kejuaraan dunia lainnya yaitu World Superbike. ITDC juga telah menunjuk Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai promotor MotoGP Indonesia 2021.

Artikel Tag: MotoGP 2021, MotoGP Indonesia, sirkuit mandalika